7 Tips Penting Sebelum Membeli Water Heater

7 Tips Penting Sebelum Membeli Water Heater

Berbicara tentang smart home technology tentu tak lengkap jika belum membahas alat pemanas air (water heater). Masyarakat modern membutuhkan alat pemanas air agar senantiasa memiliki persediaan air panas untuk mandi. Tubuh yang lelah atau merasa kedinginan usai beraktivitas akan kembali nyaman setelah mandi dengan air panas.

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang teliti saat memilih alat pemanas air sehingga fungsi dan manfaatnya kurang maksimal. Jika Anda berencana membeli water heater tersebut dalam waktu dekat, sebaiknya Anda memahami tujuh tips ini terlebih dahulu:

Menyiapkan Bujet Secara Cermat

Hal pertama yang mesti Anda lakukan saat akan membeli alat pemanas air adalah menyiapkan bujet. Water heater yang canggih dan berkapasitas besar tentu dibanderol dengan harga cukup mahal. Selain biaya untuk unit water heater, Anda juga patut menyiapkan bujet untuk biaya pemasangan dan pipa pemanas air. Biasanya biaya untuk pipa pemanas air dihitung per meter sehingga Anda butuh biaya besar jika akan menggunakan pipa berukuran panjang. Namun, ada pula brand alat pemanas air yang menggratiskan pemasangan dan biaya pipa sebagai bagian dari pelayanan untuk pelanggan.

Mengecek Kapasitas Listrik di Rumah

Salah satu hal penting yang kerap diabaikan saat hendak membeli alat pemanas air adalah kapasitas listrik di rumah. Padahal, water heater tenaga listrik butuh daya yang cukup besar agar dapat beroperasi secara maksimal. Jangan sampai Anda sekeluarga kesulitan menggunakan water heater hanya karena kapasitas listrik yang kurang memadai. Hal ini bisa membuat pengeluaran Anda makin boros jika akhirnya Anda harus menambah kapasitas daya listrik di rumah.

Memilih Alat Pemanas Air Hemat Energi

Sama seperti memilih perangkat elektronik lainnya, Anda juga harus memilih alat pemanas air yang hemat energi. Karena kemungkinan besar alat pemanas tersebut akan digunakan setiap hari. Jika kapasitas listrik di rumah Anda kurang memadai, Anda dapat memilih alternatif lain berupa water heater tenaga surya. Kini, banyak alat pemanas air dengan tenaga matahari yang dibekali teknologi mutakhir sehingga hemat energi, aman, dan tahan lama.

Mengabaikan Jumlah Anggota Keluarga

Tak banyak orang yang tahu kalau jumlah anggota keluarga juga menjadi pertimbangan penting sebelum membeli alat pemanas air. Semakin banyak anggota keluarga Anda, maka semakin besar pula kapasitas water heater yang dibutuhkan. Tangki air yang terlalu kecil membuat Anda dan keluarga harus menunggu proses pemanasan air dalam waktu lama bila ingin mandi. So,jangan sampai aktivitas Anda sekeluarga jadi terhambat hanya karena menunggu air panas untuk mandi, ya.

Malas Membaca Spesifikasi Water Heater

Kelalaian lainnya yang sering terjadi ketika membeli water heater adalah malas membawa spesifikasi water heater. Padahal, rincian spesifikasi tersebut harus dicermati untuk memastikan bahwa water heater yang akan Anda pilih benar-benar sesuai kebutuhan. Anda juga tak perlu ragu bertanya pada staf sales atau distributor tentang spesifikasi water heater yang akan Anda pilih.

Memastikan Bahwa Temperatur Air Panas Dalam Kondisi Konstan

Ternyata ada alat pemanas air yang membuat temperatur air jadi konstan dan ada pula yang temperaturnya berubah-ubah. Tak hanya membuat waktu mandi jadi lebih lama, temperatur yang terus berubah juga membuat penggunaan listrik jadi boros. Oleh sebab itu, Anda harus memilih alat pemanas air yang mampu mempertahankan kestabilan temperaturnya saat digunakan.

Memprioritaskan Produk dengan Masa Garansi yang Lama

Garansi resmi merupakan hal penting lainnya yang harus diketahui sebelum membeli water heater. Brand water heater berkualitas biasanya tak ragu memberikan masa garansi yang lama karena produknya tak mudah rusak. Selama masa garansi berlaku, Anda pun tak perlu mengkhawatirkan kondisi water heater yang sedang Anda gunakan.

Hegel Solar water heater tenaga surya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *